Selasa, 21 Januari 2014

phpmyadmin

NAMA : SOLIHATKELAS : XII TKJ

fungsi-fungsi pada phpmyadmin

Database berfungsi untuk membuat database
Browser   Fungsi menu Browser untuk menampilkan data
Structure  Fungsi menu Structure untuk melihat struktur table .
koneksi.php digunakan untuk koneksi PHP ke database
form.php  berisi form yang digunakan untuk menginput data.
proses.php digunakan untuk proses menyimpan data ke database
tabel.php    digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk tabel
delete.php  digunakan untuk menghapus data didatabase
update.php digunakan untuk mengubah data yang diinginkan
simpan.php digunakan untuk menyimpan kembali data hasil perubahan            MYSQL merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database .
STATUS  berfungsi untuk melihat detail informasi yang berkaitan dengan MySQL server.
SET KARAKTER berfungsi untuk melihat karakter (charset) yang didukung oleh server MySQL.
 MESIN  berfungsi untuk melihat semua mesin (engines) yang didukung oleh server MySQL. Engine yang biasanya digunakan secara umum adalah MyISAM. Storange Engine lainnya yang sering digunakan adalah InnoDB.PENGATURAN  berfungsi untuk untuk  mengatur sistem dari Phpmyadmin itu sendiri.
BASIS DATA  berfungsi untuk membuat databade baru
TABEL  adalah tempat untuk menyimpan data dalam sistem database relasional.
MYLSAM digunakan untuk mengatur tabel non-transactional. MylSAM menyediakan sistem untuk penyimpanan dan pengambilan data dengan kecepatan tinggi. Selain itu ada fasilitas pencarian full text. MylSAM didukung di semua konfigurasi MySQL dan merupakan storage engine standar kecuali jika diubah konfigurasinya.
 MEMORY menyediakan tabel di memory. MERGE memungkin-kan pengumpulan tabel MylSAM  yang identik untuk ditangani sebagai tabel tunggal. Seperti MylSAM, MEMORY dan MERGE bisa menangani tabel non-transactional, dan keduanya juga ada secara default di MySQL Storage engine MEMORY dulu dikenal sebagai HEAP INNODB DAN BDB menyediakan tabel yang transaction-safe. InnoDB juga dimasukkan di paket distribusi binary MySQL 5.0 standar. Jika menggunakan distribusi source, Anda bisa meng-aktifkan atau mematikan storage engine ini sesuai keinginan Anda. EXAMPLE merupakan storage engine dummy yang tidak melakukan apapun. Anda bisa membuat tabel menggunakan engine ini namun tidak ada data yang bisa disimpankan ke dalamnya. Anda tidak bisa mengambil data/retrieve dari tabel. Tujuan strorage engine ini adalah sebagai contoh di source code MySQL untuk menunjukkan cara menulis storage engine baru. Sehingga tujuan utamanya adalah untuk pengembang aplikasi MySQL sendiri dan bukan untuk pengguna. NDBCLUSTER (ATAU NDB) merupakan storage engine yang digunakan oleh oleh MySQL cluster untuk mengimplementasi-kan tabel yang dipartisi di beberapa komputer. NDB ada di distribusi biner MySQL 5.0. Storage engine sekarang didukung oleh beberapa platform Unix dan untuk platform lain, seperti Windows sedang dicoba untuk dikembangkan. NDB tidak didukung pada konfigurasi MySQL 5.1 standar.ARCHIVE digunakan untuk menyimpan data berjumlah banyak tanpa indeks.
CSV digunakan untuk menyimpan data dalam format file teks menggunakan format comma-separated values/CSV.
BLACKHOLE bisa menerima data tapi tidak menyimpannya. Sehingga ketika mengambil data, hasilnya selalu kosong.
FEDERATED mulai ditambahkan di MySQL 5.03. Storage engine ini menyimpan data di database remote. Saat ini, hanya bisa digunakan di MySQL menggunakan client MySQL C API.
INSERT DATA digunakan untuk memasukkan data ke dalam tabel yang sudah terbuat.
SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa untuk database yang didesain agar bisa mengambil data dan melakukan manajemen data di database relasional. SQL juga bisa digunakan untuk membuat skema database, memodifikasinya, dan manaja-men kontrol dari pengaksesan objek.
SEARCH adalah sebuah fitur PHPMyAdmin yang mempermudah pencarian baik dalam tabel atau dalam database. Ketika Anda membuka tabel, fitur Search mencari data yang ada di tabel Sementara jika membuka database, fitur Search mencari data yang ada di semua tabel yang ada di database.
EXPORT Database yang baik mengijinkan adanya portabilitas dalam pemindahan artikel. Maksud portabilitas adalah user bisa meng-ekspor sql statement yang mendefinisikan struktur tabelnya sekarang, sehingga nantinya hasil ekspor bisa digunakan (diimpor) di database lainnya, agar tercipta database atau tabel di tempat lain yang strukturnya sama persis.
IMPOR adalah kebalikan dari ekspor. Dengan impor, Anda bisa membuat database (baik struktur maupun datanya) dengan jalan mengimpor dari file yang diperoleh dari proses ekspor.
OPERATIONS. Jika Operations diklik, tampilannya seperti berikut. Di sini Anda dapat melakukan berbagai operasi, seperti Alter table order untuk mengubah urutan tabel, Move table to untuk memindahkan tabel ke database lain, Table options untuk mengganti opsi tabel, Copy table to untuk menyalin tabel ke database lain dan sebagainya.
EMPTY yang fungsinya untuk menghapus Isi tabel atau dalam sql statement menggunakan perintah Truncate. Caranya klik tab Empty. Ketika ada pertanyaan Do you really want to: TRQNCATE TABLE nama_tabel, klik saja OK.
DROP yang fungsinya untuk menghapus tabeL Caranya adalah dengan mengklik tab Drop dan mengklik OK, ketika muncul pesan Do you really want to DROP TABLE nama_tabel.
PHP My Admin Fungsi menu ini yaitu untuk mengelola databaseMySQL berbasiskan halaman web.
Remote MySQL Fungsi menu ini yaitu untuk menambahkan hak akses bagi web server lain, untuk mengakses database MySQL pada web hosting Anda.
 

5 komentar:

  1. penulisannya dirapikan ya, lalu bagian yg ini :

    koneksi.php = digunakan untuk koneksi PHP ke database
    form.php = berisi form yang digunakan untuk menginput data.
    proses.php = digunakan untuk proses menyimpan data ke database
    tabel.php = digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk tabel
    delete.php = digunakan untuk menghapus data didatabase
    update.php = digunakan untuk mengubah data yang diinginkan
    simpan.php = digunakan untuk menyimpan kembali data hasil perubahan

    itu bukan menu2 yang ada di phpmyadmin ya...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. sebenernya dari tadi gue baca apaan sih -_-

    BalasHapus
  4. hedeh masaknya bingung apa yang sedan dibaca

    BalasHapus
  5. www.atmaluhur.ac.id

    bagaimna cara membuat form login di php..
    trs kodinganya jika ada
    bisa bantu kirim lewat email saya 1622500121@atmaluhur.ac.id

    BalasHapus